Apa yang biasanya ayah dan anak gadisnya bicarakan

Ada hal yang selalu aku ingat tentang bagaimana cara ayah memberikan pandangannya terhadap sesuatu. Ayah adalah seorang laki-laki pertama yang memberikanku gagasan bahwa manusia diciptakan tidak ada yang sama. Baik dalam segi pola pikir, sifat, maupun cerita hidupnya. Jika ada yang tanya, “dimana tempat berlabuh terbaik untuk mengeluhkan segala benak pikiran?” Mungkin aku akan menjawab “ayah.” Dan jika ada yang bertanya “siapa pemberi nasehat terbijak?” Mungkin aku juga akan menjawab “ayah.” Ayah adalah laki-laki pertama yang memberi tau ku bahwa laki-laki sejatinya diciptakan untuk menenangkan, bukan memperkeruh. Bahwa juga sejatinya laki-laki diciptakan untuk memberi keputusan yang tepat bukan menggantungkan sesuatu. 

Untuk sedikit cerita tentang ayah di atas, aku tidak menyangkal jika banyak orang yang berkata bahwa “father is daughter’s first love”. Karena aku juga mengalaminya. Karena beliau lah laki-laki pertama yang bisa membuatku rindu. Membuatku terngiang akan segala hal yang telah menjadi memori bersamanya. 

Teruntuk ayah, dan seluruh cintanya.

Terimakasih atas segala bentuk kata yang menguatkan, terimakasih atas seluruh waktu yang telah diluangkan, terimakasih atas semua tenaga yang telah dikeluarkan dan terimakasih atas sebuah rasa yang tak pernah terbatas. 

Maaf belum bisa membahagiakan ayah seutuhnya, maaf belum bisa mengajak ayah ke atas podium penghargaan, maaf belum pernah bisa menjadi juara kelas, maaf belum menjadi sholehah seperti apa yang Ayah damba, maaf untuk waktu yang jarang ada untuk mendengarkan cerita ayah, maaf belum bisa selalu memcium tangan dan kedua pipi ayah ketika berangkat kerja, maaf belum bisa selalu membuatkan secangkir teh hangat kala ayah pulang dari beraktivitas, dan maaf untuk semua keinginan ayah yang hingga kini belum kakak wujudkan.

Ayah, kakak rindu. Kepada siapa akan mengutarakan segala gundah di kepala selain ayah? Banyak yang sedang kakak pikirkan. Banyak yang ingin kakak ungkapkan. Hidup jauh itu berat. 

Sehat-sehat di rumah yah, jaga diri ayah dan mamah disana. 

Dari anak gadismu yang beranjak dewasa

Advertisements

One thought on “Apa yang biasanya ayah dan anak gadisnya bicarakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s