Sedikit kisah inspiratif

Kali ini saya mau sedikit mengulas kisah inspiratif mengenai seorang penjual jus keliling yang sering sekali ada di depan sekolah tempat saya menimba ilmu. Sejauh ini saya memang belum tau nama beliau, saya juga belum tau lebih jauh tentang beliau. Tapi, melihatnya selalu tersenyum dengan semua pelanggannya membuat saya ingin mengetahui lebih dalam tentang beliau. Setiap adzan dhuzur berkumandang di mushola sekolah saya, pasti kalian bisa menemukan sesosok bapak-bapak beraperawakan gendut dan berjenggot yang selalu mengenakan kaos, dan celana hitam dan tidak pula lupa dengan peci hitamnya. 
Siang ini, saya memutuskan membeli jus nya lagi untuk kedua kalinya karena saya pikir cuaca panas seperti sekarang sangat cocok untuk beristirahat sebentar dengan ditemani segelas jus. Setelah tadi saya bertemu beliau di depan mushola dan sejenak memutuskan menaruh perhatian saya kepada bapak tersebut saya pun memberanikan diri untuk bertanya-tanya dengan beliau ketika saya membeli jusnya. Beliau menyambut saya dengan senyum ramahnya seperti yang kemarin beliau lakukan, seperti yang selalu beliau lakukan kepada setiap pelanggannya tanpa melihat usia mereka. Saya memulai dengan pertanyaan yang mungkin sudah langsung berat hehehe.

“Pak, maaf dong mau tanya”

“Iya mbak silahkan…”

“Saya kan sering banget liat bapak sholat berjamaah tuh di mushola, apa yang bikin bapak giat banget berjamaah pak? Jujur saya, jarang liat ada penjual sini yang menyempatkan sholat berjamaah di mushola”

“Gini mbak.. mereka pasti juga sholat. Tapi mungkin nunggu dagangannya sepi. Nunggu gaada pembeli. Tapi pasti mereka sholat. Tapi kalo saya sendiri lebih memilih untuk menyegerakan sholat. Apalagi berjamaah”

SubhanaAllah.

Saya hanya membalasnya dengan senyuman, entah apalagi yang harus yang ucapkan kepada beliau. Jujur saya terkadang masih males jamaah setelah terlanjur nyaman di kasur sehabis jam pulang sekolah. Lalu saya hanya menyampaikan kekaguman saya terhadap beliau.

“Banyak lho pak temen-temen saya yang sering bilang bapak itu ramah sekali hehehe saya juga ngakuin”

“Ah masak to mbak??” Beliau merespon saya dengan sedikit tertawa pelan.

“Iya pak.. bapak ramah sekali”

“Hehe senyum itu ibadah mbak. Jadi ya saya senyum hehehe” 

Saya semakin tersenyum mendengar kalimat beliau. Saya seperti tertegur sebabnya saya kadang sering tiba-tiba cemberut ke orang lain ketika keadaan mood saya sedang kacau atau sedang capek. Tapi bapak tadi tidak, dari pagi hingga siang lewat pukul 12 beliau tetap tersenyum kepada setiap orang di bawah terik matahari yang menyengat. 

Setelah itu, saya kembali ke kamar saya di salah satu gedung asrama di sekolah saya. Saya lebih kaget ketika teman saya bilang kalau bapak tadi sering memberikan jus nya dengan cuma-cuma kepada anak-anak SD yang ingin membeli daganganan beliau tapi tidak punya uang yang cukup. 

SubhanaAllah.

Pertemuan saya dengan beliau siang ini sangat syukuri. Semoga saya bisa mencotoh sifat-sifat tauladan bapak hehehe.Semoga semua amal kebajikan bapak menjadi bekal bapak kelak. Semoga bapak diberi sehat terus ya pak.. Amin yaRabb 🙂 

Leave a Reply

